Home / NU / Santri Jika Mau Hidupnya Barokah, Urus Masjid dan NU

Santri Jika Mau Hidupnya Barokah, Urus Masjid dan NU

Ketua NU Sumedang Kiai Sa’dullah yang juga sebagai pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah mengatakan jika ada santri maupun alumni pondok yang diasuhnya aktif diorganisasi selain NU, apalagi organisasi yang berbeda dalam hal pemahaman serta ideologinya, maka tidak akan akui menjadi santrinya.

Hal tersebut disampaikan Kiai Sa’dullah saat menyampaikan tausyiah pada acara Temu Alumni peserta Wisuda Khotmil Qur’an Golongan Bi Al-Nadzri dan Bi Al-Ggoib 30 Juz yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah Sumedang, Ahad (30/12).

Kiai Sa’dullah juga mengatakan jika faham NU didirikan para kiai, sangat tidak berakhlak sekali jika ada santri yang nyeleneh, yang tidak mau ikut jejak kiainya.

“Karena NU didirikan melalui proses yang cukup lama, hasil istikhoroh para kiai jawa. Bahkan lambangnya pun itu juga hasil istikhoroh, maka sangat suul adab sekali jika ada santri yang tidak sepemahaman dengan kiai dan menentang NU,” ujar kiai yang akrab di panggil Kang Haji.

Dihadapan ratusan Hafiz-Hafizah alumni Ponpes Al-Hikamussalafiyyah Kang Haji berpesan agar alumni, minimalnya senantiasa nguri-nguri NU dan Masjid.

Diakhir tausyiah, Kang Haji yang juga sebagai Mudir (Kepala) Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah memberikan arahan bagi semua santri dan alumni tentang pemberian sanad (silsilah) belajar Al-Qur’an.

“Jika dulu ketika mondok di krapyak, saya mendapat sanad itu dengan syarat simaan Al-Qur’an 30 juz dalam satu majelis, maka khusus bagi santri dan alumni Al-Hikam saya kasih keringanan yaitu: jangan pernah meninggalkan ajaran yang telah diajarkan di pondok ini, harus siap simaan Al Qur’an 30 juz, per 10 juz dalam satu majelis, baik dalam waktu perhari, minggu, ataupun bulan,” terang Kang Haji. (Syarif H)

About admin

Check Also

Rifdah Juara 2 MHQ Internasional, Sudah Hafal Qur’an 30 Juz Sejak Kecil

Setelah berhasil menjadi juara dua pada kegiatan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) tingkat Internasional yang dilaksanakan …

Para Penghafal Al Qur’an Ponpes Al Hikamusaalafiyyah Sumedang akan di Wisuda

Akhir bulan ini, Para Penghafal Al Qur’an Ponpes Al Hikamusaalafiyyah Sumedang akan di Wisuda Pondok …

Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Kembali Gelar Tarawih 1,5 Juz Semalam

Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah yang berdomisili di Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat, kembali …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *